Music Promoter

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai promotor musik adalah tentang mengorganisir dan mempromosikan konser dan acara musik untuk artis dan band.

Tugas utama mencakup mencari lokasi, menjalin hubungan dengan pemilik tempat, merancang strategi pemasaran, dan mengatur semua logistik acara.

Selain itu, sebagai promotor musik, akan ada juga tanggung jawab untuk mengatur kontrak dengan artis, mengatur kesepakatan keuangan, dan memastikan semua persiapan acara berjalan lancar.

Apa saya cocok bekerja sebagai Music promoter?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Promotor Musik adalah seseorang yang memiliki koneksi yang luas dalam industri musik dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang tren dan preferensi musik. Mereka juga harus memiliki keterampilan negosiasi yang baik dan kemampuan untuk mempromosikan dan memasarkan artis dengan efektif.

Jika kamu tidak memiliki keterampilan pemasaran yang kuat, kurang kreatif, dan tidak tertarik dengan industri musik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai music promoter.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi tentang seorang Music Promoter adalah bahwa mereka akan mendapatkan popularitas dan kekayaan dengan mengatur konser-konser besar. Namun, realitanya adalah pekerjaan ini penuh dengan tantangan dan risiko keuangan yang tinggi.

Banyak orang berpikir bahwa Music Promoter hanya perlu menyediakan panggung dan artis, tetapi sebenarnya mereka bertanggung jawab untuk mengatur promosi, menyusun kontrak, mengurus perizinan, dan mengontrol anggaran. Perkiraan risiko finansial dapat membuat mereka kehilangan banyak uang jika konser tidak berhasil.

Perbedaan antara Music Promoter dan manajer/artis adalah bahwa Promoter lebih fokus pada organisasi dan pengaturan konser, sementara manajer/artis lebih berurusan dengan promosi dan pengembangan karir. Music Promoter juga tidak memiliki kendali langsung atas karir seorang artis, tetapi bertanggung jawab untuk membuat konser tersebut sukses.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Musik
Studi Musik dan Hiburan
Perencanaan Acara Musik
Bisnis Musik
Komunikasi dan Media Musik
Pemasaran Musik
Manajemen Acara Musik
Promosi dan Manajemen Artis Musik
Studi Bisnis Hiburan
Manajemen Media dan Hiburan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Mahaka Media Tbk
PT MNC Media Tbk
PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek)
PT Visi Media Asia Tbk
PT Surya Citra Media Tbk (SCTV)
PT Kompas Gramedia
PT Kreatif Media Karya
PT Global Mediacom Tbk
PT Telkom Indonesia Tbk
PT Beritasatu Media Holdings