Pekerjaan sebagai Packaging Researcher melibatkan melakukan penelitian tentang kemasan produk.
Tugas utama meliputi analisis pasar dan trend terkait kemasan, serta melakukan studi komparatif terhadap kemasan produk dari berbagai merek dan industri.
Selain itu, pekerjaan ini juga mengharuskan adanya eksperimen dan pengujian terhadap kemasan produk untuk memastikan keamanan, kepraktisan, dan efisiensi dalam penggunaannya.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Packaging Researcher adalah seorang yang memiliki ketelitian tinggi dalam pengamatan dan analisis data, serta memiliki kreativitas dalam mengembangkan desain kemasan yang inovatif.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Packaging Researcher adalah mereka yang tidak memiliki ketelitian tinggi dalam mengumpulkan dan menganalisis data serta kurang mampu menjaga keakuratan dan kebersihan dalam proses pengemasan.
- Ekspektasi tentang seorang Packaging Researcher sering kali menganggap bahwa mereka hanya bertugas dalam merancang kemasan produk. Namun, realitanya, pekerjaan mereka mencakup pemilihan bahan, analisis pasar, penelitian kebutuhan pelanggan, dan pengujian kualitas kemasan.
- Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Packaging Designer, terletak pada fokus pekerjaan. Packaging Researcher lebih fokus pada penelitian dan pengembangan kemasan yang lebih efektif dan berkelanjutan, sedangkan Packaging Designer lebih fokus pada aspek artistik dan visual dari kemasan.
- Salah satu miskonsepsi lainnya adalah bahwa pekerjaan seorang Packaging Researcher hanya menjadi bagian kecil dalam tim pengembangan produk. Namun, mereka memiliki peran penting dalam membantu perusahaan menghasilkan kemasan yang inovatif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.