Pekerjaan sebagai pembuat materi pembelajaran berbasis teknologi melibatkan pengembangan konten pembelajaran yang menggunakan teknologi sebagai sarana utama.
Tugas utama meliputi merancang, membuat, dan memperbarui materi pembelajaran interaktif seperti video pembelajaran, presentasi multimedia, dan aplikasi pembelajaran online.
Selain itu, pekerjaan ini juga membutuhkan pemahaman tentang penggunaan teknologi dan kemampuan dalam mengintegrasikan teknologi dengan strategi pembelajaran yang efektif.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pembuat materi pembelajaran berbasis teknologi adalah seorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi dan metode pembelajaran online, kreatif dalam membuat materi yang menarik dan interaktif, serta mampu mengelola proyek dengan baik.
Dalam upaya menciptakan materi pembelajaran yang efektif dan menarik, seorang kandidat juga perlu memiliki kemampuan analitis dalam menganalisis kebutuhan pengguna dan menyusun materi sesuai dengan kurikulum yang ada.
Jika kamu tidak mahir dalam menggunakan teknologi dan kurang ahli dalam menciptakan materi pembelajaran interaktif, kamu tidak cocok untuk menjadi seorang pembuat materi pembelajaran berbasis teknologi.
Miskonsepsi tentang profesi pembuat materi pembelajaran berbasis teknologi adalah bahwa pekerjaannya hanya mengklik dan menggeser tampilan pada aplikasi tanpa melibatkan pemahaman mendalam mengenai materi atau pembelajaran.
Ekspektasi yang sering salah adalah bahwa pembuat materi pembelajaran berbasis teknologi dapat membuat materi dengan cepat dan secara instan, padahal sebenarnya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merancang, mengembangkan, dan menguji materi pembelajaran yang efektif.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti instruktur e-learning, adalah bahwa pembuat materi pembelajaran berbasis teknologi lebih fokus pada menyusun materi dan konten pembelajaran yang interaktif dan menarik, sedangkan instruktur e-learning lebih berkonsentrasi pada pengantar dan pengajaran langsung kepada peserta didik secara online.