Sebagai pendamping anak berkebutuhan khusus di PAUD, tugas utama meliputi membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus dalam belajar dan berpartisipasi dalam aktivitas sehari-hari.
Hal ini melibatkan pemberian dukungan emosional dan sosial kepada anak-anak agar mereka merasa diterima dan termotivasi dalam belajar.
Selain itu, tugas ini juga meliputi kolaborasi dengan guru dan staf PAUD untuk merancang program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu setiap anak berkebutuhan khusus.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD adalah seseorang yang memiliki kesabaran yang tinggi, pengetahuan tentang kebutuhan khusus anak-anak, dan keterampilan dalam mengembangkan program pembelajaran yang inklusif.
Dalam menghadapi tantangan dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus, seorang pendamping juga harus memiliki empati yang tinggi dan mampu bekerja sama dengan orang tua serta tim pendidikan lainnya untuk mendukung perkembangan anak.
Jika kamu kurang sabar, sulit beradaptasi dengan perubahan, dan tidak memiliki empati yang tinggi terhadap anak-anak berkebutuhan khusus, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan menjadi pendamping anak berkebutuhan khusus di PAUD.
Miskonsepsi tentang profesi Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengajar anak-anak dengan kebutuhan khusus. Padahal, tugas mereka juga meliputi mengamati, memahami, dan mendukung perkembangan anak-anak tersebut secara holistik.
Ekspektasi umum adalah bahwa seorang Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD akan mampu menyelesaikan semua tantangan dan masalah perkembangan anak dengan cepat. Namun, realitanya adalah bahwa perkembangan anak dan proses pembelajaran adalah proses yang kompleks dan membutuhkan waktu yang tidak selalu terukur secara linier.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru reguler di PAUD, adalah bahwa Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mengidentifikasi dan mendukung kebutuhan anak-anak dengan kondisi atau disabilitas tertentu. Mereka juga bekerja sama dengan tim multidisiplin untuk memberikan dukungan yang terintegrasi kepada anak-anak tersebut.