Peneliti Lapangan Pendidikan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai peneliti lapangan pendidikan melibatkan pengumpulan data secara langsung di lapangan mengenai proses dan masalah dalam sistem pendidikan.

Tugas utamanya termasuk mengobservasi kegiatan di sekolah, mewawancarai siswa, guru, dan orangtua, serta mengumpulkan data melalui survei dan studi kasus.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis data dan penyusunan laporan yang dapat digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dan pengembangan dalam bidang pendidikan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Peneliti lapangan pendidikan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti Lapangan Pendidikan adalah seorang yang memiliki ketelitian dan kecermatan dalam melakukan pengamatan dan analisis data, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan responden.

Mereka juga harus memiliki keterampilan dalam melaksanakan wawancara atau observasi, serta memiliki kemampuan analisis yang kuat dalam mengolah data kualitatif dan kuantitatif.

Jika kamu tidak suka bepergian, tidak memiliki ketekunan dalam mengumpulkan data, dan tidak memiliki minat dalam mengobservasi lingkungan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai peneliti lapangan pendidikan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi sebagai Peneliti lapangan pendidikan adalah bahwa ekspektasi yang ada pada mereka adalah hanya menghabiskan waktu di lapangan tanpa melakukan pekerjaan yang nyata. Namun, realitanya adalah bahwa mereka melakukan penelitian yang mendalam dan berperan penting dalam memahami dan meningkatkan sistem pendidikan.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Guru, adalah bahwa Peneliti lapangan pendidikan lebih terfokus pada analisis data dan menghasilkan temuan dan rekomendasi kebijakan untuk perbaikan sistem pendidikan. Sedangkan guru, bertugas langsung mengajar dan memberikan pembelajaran kepada siswa di kelas.

Salah satu harapan yang seringkali meleset tentang profesi ini adalah bahwa mereka hanya berperan sebagai pengamat atau observan yang hanya menyaksikan kegiatan di lapangan. Namun, kenyataannya mereka terlibat secara langsung dalam riset, mengumpulkan data, menganalisis temuan, dan merupakan bagian integral dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pendidikan Matematika
Psikologi Pendidikan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan Sosiologi
Pendidikan Geografi
Pendidikan Fisika
Pendidikan Biologi
Pendidikan Kimia
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Sejarah

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
Universitas Indonesia, Departemen Pendidikan
Universitas Gadjah Mada, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan
PT Pusat Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (P3KI)
Project Child Indonesia (LSM)
Indonesia Mengglobal (Platform informasi pendidikan)
Yayasan Pendidikan Anak Bangsa (YPAB)