Pekerjaan sebagai Koordinator Program Pendidikan Inklusi melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan yang inklusif untuk siswa dengan kebutuhan khusus.
Tugas utama mencakup koordinasi dengan guru, siswa, orang tua, dan pihak terkait lainnya untuk menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa.
Selain itu, seorang Koordinator Program Pendidikan Inklusi juga bertanggung jawab untuk mengawasi dan memastikan kesesuaian implementasi program inklusi di sekolah serta melakukan pelaporan dan evaluasi program secara berkala.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Program Pendidikan Inklusi adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang pendidikan inklusi serta memiliki kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pendidikan yang inklusif.
Mereka juga harus memiliki kemampuan berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti siswa, guru, orang tua, dan pihak sekolah untuk memastikan kesuksesan dari program pendidikan inklusi.
Jika kamu tidak memiliki pemahaman mendalam tentang pendidikan inklusi dan kurang memiliki keterampilan dalam mengkoordinasi program-program besar, kemungkinan besar kamu tidak cocok menjadi koordinator program pendidikan inklusi.
Miskonsepsi tentang koordinator program pendidikan inklusi adalah bahwa tugas utamanya hanya mengatur ketersediaan fasilitas fisik, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam mendesain kurikulum yang inklusif untuk semua siswa.
Ekspektasi terhadap koordinator program pendidikan inklusi sering kali mengharapkan mereka menjadi ahli dalam setiap kebutuhan khusus siswa, namun di realita, mereka lebih fokus pada koordinasi dan kolaborasi dengan guru, orang tua, dan profesional lain untuk mendukung keberhasilan siswa dengan kebutuhan khusus.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru pendidikan inklusi, adalah bahwa koordinator program pendidikan inklusi memiliki peran yang lebih administratif dan strategis, sementara guru pendidikan inklusi lebih fokus dalam memberikan pengajaran dan dukungan langsung kepada siswa dengan kebutuhan khusus di dalam kelas.