Sebagai administrator pendidikan inklusi, tugas utama adalah memastikan bahwa layanan pendidikan inklusi terlaksana dengan baik.
Hal ini mencakup koordinasi antara guru dan staf pendidikan, serta bekerja sama dengan orang tua dan pihak terkait lainnya untuk mendukung siswa dengan kebutuhan khusus.
Selain itu, juga diperlukan pemantauan dan pelaporan tentang kemajuan siswa inklusi, serta berpartisipasi dalam pengembangan dan implementasi program pendidikan inklusi yang efektif.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Administrator Pendidikan Inklusi adalah seorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan siswa dengan kebutuhan khusus dan mampu menyusun dan melaksanakan program inklusi yang efektif bagi mereka.
Kemampuan kolaboratif dan kepemimpinan yang kuat juga merupakan kualitas yang dibutuhkan untuk bekerja dengan berbagai pihak, seperti guru, orang tua, dan petugas pendukung lainnya, dalam menciptakan lingkungan inklusif yang dapat mendukung perkembangan dan pembelajaran siswa dengan kebutuhan khusus.
Jika kamu tidak memiliki kepedulian terhadap kebutuhan dan hak-hak individu dengan kebutuhan khusus, mungkin kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Administrator Pendidikan Inklusi adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab mengoordinasikan kegiatan inklusi di sekolah, padahal sebenarnya mereka juga harus menjadi mediator antara siswa inklusi, guru, dan orang tua dalam mengatasi masalah yang muncul.
Dalam ekspektasi, sebagian orang mengira bahwa Administrator Pendidikan Inklusi akan lebih banyak menghabiskan waktu di belakang meja, tetapi kenyataannya mereka harus aktif terlibat dalam pengamatan dan evaluasi langsung terhadap siswa inklusi di kelas.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Konselor Pendidikan Inklusi, adalah bahwa Administrator Pendidikan Inklusi lebih fokus bekerja dalam aspek manajerial dan administratif, sementara Konselor Pendidikan Inklusi lebih fokus pada membantu siswa inklusi dalam mencapai potensi terbaik mereka secara emosional dan sosial.