Seorang guru pendidikan inklusif bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan yang inklusif dan integratif bagi siswa dengan kebutuhan khusus.
Tugas utama meliputi merancang dan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individual siswa, memberikan dukungan khusus, dan memastikan aksesibilitas lingkungan belajar.
Selain itu, seorang guru pendidikan inklusif juga berperan dalam melakukan kolaborasi dengan orang tua, tenaga medis, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan pelayanan pendidikan yang holistik dan menyeluruh bagi setiap siswa.
Profil orang yang cocok sebagai guru pendidikan inklusif adalah seseorang yang memiliki empati tinggi, memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan kemampuan beragam siswa, serta mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan ramah bagi semua siswa.
Sebagai seorang guru pendidikan inklusif, individu tersebut juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bersikap sabar, dan dapat bekerja sama dengan berbagai pihak seperti guru reguler, orang tua, dan tenaga pendidik lainnya.
Jika kamu tidak memiliki kesabaran yang tinggi dalam menghadapi berbagai tantangan dalam mengajar siswa dengan kebutuhan khusus, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang guru pendidikan inklusif.
Miskonsepsi tentang guru pendidikan inklusif adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab mengajar anak-anak dengan kebutuhan khusus, padahal sebenarnya mereka juga memiliki tanggung jawab yang sama terhadap semua siswa di kelas mereka.
Ekspektasi bahwa guru pendidikan inklusif harus memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus tanpa adanya dukungan dan pelatihan yang memadai. Padahal realitanya, para guru ini membutuhkan pembekalan yang intensif untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa dalam satu kelas.
Perbedaan dengan profesi lain yang mirip adalah, guru pendidikan inklusif perlu memiliki kemampuan dalam mengelola kelas yang beragam, berkomunikasi dengan orang tua, dan berkolaborasi dengan tim multidisiplin, sementara guru reguler tidak memiliki tanggung jawab yang sebanding dalam menghadapi beragam kebutuhan belajar siswa.