Seorang supervisor pendidikan inklusif bertanggung jawab untuk mengawasi dan memberikan arahan kepada guru-guru dan staf di sekolah inklusif.
Tugasnya meliputi pemantauan pelaksanaan program inklusi, memberikan pelatihan dan dukungan kepada guru, serta melakukan evaluasi untuk memastikan keberhasilan pendidikan inklusif.
Selain itu, supervisor ini juga berperan dalam kolaborasi dengan orang tua dan ahli lainnya untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung perkembangan semua siswa.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Supervisor pendidikan inklusif adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendidikan inklusif dan pengalaman dalam bekerja dengan berbagai kebutuhan khusus para siswa.
Kemampuan untuk memimpin dan mengoordinasikan tim kerja, serta memiliki interaksi yang baik dengan orang tua dan guru, akan menjadi nilai tambah bagi seorang Supervisor pendidikan inklusif.
Seseorang yang tidak cocok dengan pekerjaan sebagai supervisor pendidikan inklusif adalah orang yang tidak memiliki kepekaan terhadap kebutuhan khusus siswa, kurang fleksibel dalam menghadapi perubahan, dan tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait.
Miskonsepsi tentang profesi Supervisor pendidikan inklusif adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk memenuhi ekspektasi orang tua dan siswa dengan kebutuhan khusus, padahal sebenarnya mereka juga harus mengkoordinasikan dan mendukung guru untuk melaksanakan pembelajaran yang inklusif.
Realita dari profesi Supervisor pendidikan inklusif adalah bahwa mereka harus mampu mengatasi tantangan yang kompleks dalam menangani berbagai kebutuhan dan kemampuan siswa, serta bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti guru, ahli pendidikan khusus, dan tenaga medis.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru pendamping inklusif, adalah bahwa Supervisor pendidikan inklusif lebih berfokus pada manajemen dan koordinasi pengajaran inklusif di tingkat sekolah, sementara guru pendamping inklusif lebih berfokus pada mendampingi siswa dengan kebutuhan khusus di dalam kelas.