Sebagai ahli terapi pendidikan inklusi, tugas utama adalah memberikan dukungan dan bimbingan kepada individu dengan kebutuhan khusus dalam lingkungan pendidikan inklusi.
Melalui pengamatan dan evaluasi, pekerjaan ini juga melibatkan perencanaan dan implementasi program terapi yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi individu tersebut.
Selain itu, sebagai ahli terapi pendidikan inklusi, juga diperlukan kolaborasi dengan guru, orang tua, dan profesional lainnya untuk mengoptimalkan pengembangan dan partisipasi individu dengan kebutuhan khusus dalam lingkungan inklusi.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Terapi Pendidikan Inklusi adalah seorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus, serta memiliki keterampilan dalam merancang dan melaksanakan program pendidikan inklusi yang efektif. Seorang kandidat juga perlu memiliki empati dan kesabaran tinggi dalam bekerja dengan anak-anak berkebutuhan khusus serta mampu bekerja sama dengan tim multidisiplin untuk memberikan layanan terbaik bagi anak-anak tersebut.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki kepedulian dan empati terhadap anak-anak berkebutuhan khusus serta kurang memiliki kemampuan komunikasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.
Miskonsepsi tentang profesi Ahli terapi pendidikan inklusi adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab dalam mengajar anak-anak dengan kebutuhan khusus. Padahal, tugas mereka juga meliputi merancang program pendidikan inklusi, melakukan evaluasi perkembangan anak, dan memberikan dukungan kepada guru dan orangtua.
Ekspektasi terhadap Ahli terapi pendidikan inklusi seringkali adalah bahwa mereka akan mampu "memperbaiki" semua tantangan yang dihadapi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Realitanya, proses inklusi memiliki banyak faktor yang kompleks dan perlu kerjasama yang baik antara guru, orangtua, dan ahli terapi untuk mencapai hasil yang diharapkan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru inklusi, adalah bahwa Ahli terapi pendidikan inklusi memiliki pengetahuan lebih mendalam tentang kebutuhan dan strategi pendidikan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Mereka juga dapat memberikan intervensi khusus dan rekomendasi untuk mendukung proses pembelajaran anak-anak tersebut.