Bekerja sebagai manajer pendidikan inklusi melibatkan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan program pendidikan inklusif untuk siswa dengan kebutuhan khusus.
Tugas utama mencakup mengidentifikasi kebutuhan pendidikan dari siswa yang memiliki beragam kebutuhan khusus, merancang program pembelajaran yang inklusif, dan mengkoordinasikan dengan guru dan staf sekolah untuk implementasi program.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan orang tua, dukungan yang tepat bagi siswa, dan pemantauan progres siswa sehingga mereka dapat mengikuti program pendidikan dengan sukses.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Pendidikan Inklusi adalah seorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pendidikan inklusi, memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, dan mampu bekerja dengan berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif.
Dalam posisi ini, seorang kandidat juga harus memiliki kepekaan terhadap kebutuhan dan perbedaan individu serta memiliki kemampuan mengembangkan dan melaksanakan program pendidikan yang inklusif.
Jika kamu tidak memiliki minat dan komitmen yang kuat dalam memperjuangkan hak-hak pendidikan semua anak tanpa pandang perbedaan dan kurang memiliki keterampilan dalam mengelola program inklusi, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang manajer pendidikan inklusi.
Miskonsepsi tentang profesi Manajer Pendidikan Inklusi adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan inklusif, padahal sebenarnya mereka juga harus melakukan asesmen individual dan pengembangan program pendidikan khusus.
Ekspektasi tentang Manajer Pendidikan Inklusi seringkali difokuskan pada kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah dan konflik antara siswa inklusif dan siswa reguler. Namun, realitanya adalah bahwa mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan koordinasi dengan stakeholder dan memastikan pelaksanaan kebijakan inklusi.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Guru Pendamping Inklusi, adalah bahwa Manajer Pendidikan Inklusi memiliki peran yang lebih strategis dan administratif. Mereka lebih berfokus pada perencanaan dan pengembangan kebijakan inklusi, sementara Guru Pendamping Inklusi terlibat langsung dalam mendukung kebutuhan siswa inklusif di kelas.