Penyunting bahan ajar inklusi bertanggung jawab dalam mengedit dan menyusun materi-materi pembelajaran yang inklusif.
Tugas utama meliputi menyunting dan menyusun materi pembelajaran agar dapat diakses oleh semua peserta didik, termasuk anak-anak dengan berbagai kebutuhan khusus.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan tim pengembang kurikulum inklusi dan guru-guru untuk memastikan bahwa bahan ajar yang disunting sesuai dengan kebutuhan dan konteks pembelajaran inklusif.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Penyunting Bahan Ajar Inklusi adalah seorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang inklusi, memiliki kemampuan redaksi yang baik, dan mampu memahami kebutuhan pembelajaran yang beragam, akan cocok dengan pekerjaan Penyunting Bahan Ajar Inklusi.
Dengan memahami kompleksitas inklusi dan kebutuhan individual siswa, seorang kandidat juga harus memiliki empati yang tinggi, kemampuan bekerja sama dengan tim, dan kreativitas dalam menciptakan materi pembelajaran yang inklusif.
Jika kamu tidak memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan pendidikan inklusi, kurang sabar dalam bekerja dengan anak-anak atau orang dewasa dengan kebutuhan khusus, serta tidak memiliki ketekunan untuk melakukan revisi detail, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai penyunting bahan ajar inklusi.
Miskonsepsi tentang profesi penyunting bahan ajar inklusi adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk melakukan pengeditan bahasa dan tata letak saja, padahal sebenarnya mereka juga harus memiliki pemahaman mendalam tentang pendidikan inklusi dan kebutuhan individu peserta didik.
Ekspektasi terhadap profesi ini seringkali menganggap bahwa penyunting bahan ajar inklusi hanya perlu menyelaraskan materi dengan kurikulum, tanpa mempertimbangkan keberagaman peserta didik. Namun, realitanya adalah mereka harus secara aktif mencari, mengembangkan, dan memodifikasi bahan ajar agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan semua peserta didik.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti penyunting umum atau editor teknis, adalah bahwa penyunting bahan ajar inklusi harus memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam pendidikan inklusi, pemahaman yang baik tentang kebutuhan peserta didik dengan berbagai perbedaan, serta kemampuan untuk memodifikasi materi agar dapat diakses oleh semua peserta didik.