Peneliti Pasar Konsumen

  Profil Profesi

Seorang peneliti pasar konsumen bertanggung jawab untuk melakukan studi pasar dan menganalisis perilaku konsumen.

Pekerjaan ini melibatkan pengumpulan data melalui survei, wawancara, dan observasi untuk mendapatkan insight tentang preferensi dan kebutuhan konsumen.

Selain itu, peneliti pasar konsumen juga melakukan analisis data untuk mengidentifikasi tren pasar dan memberikan rekomendasi kepada perusahaan untuk pengembangan produk dan strategi pemasaran.

Apa saya cocok bekerja sebagai Peneliti pasar konsumen?

Seorang yang cocok untuk tipe pekerjaan Peneliti pasar konsumen adalah seorang yang memiliki kemampuan analisis data yang kuat, pengamatan yang teliti, dan kemampuan berpikir kritis sehingga mampu mengumpulkan informasi yang akurat dan mendalam tentang perilaku konsumen.

Kemampuan komunikasi yang baik juga sangat penting dalam pekerjaan ini, karena peneliti harus dapat menyampaikan hasil temuan mereka dengan jelas dan persuasif kepada klien atau perusahaan untuk pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Jika kamu tidak memiliki minat dalam melakukan analisis data, kurang bersemangat untuk mengunjungi lapangan, dan tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi peneliti pasar konsumen.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi peneliti pasar konsumen adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengumpulkan data dari survei, padahal sebenarnya peneliti pasar juga melibatkan analisis yang kompleks dan menarik kesimpulan yang mendalam dari data tersebut.

Ekspektasi banyak orang adalah bahwa profesi peneliti pasar konsumen hanya melibatkan penelitian daring yang cepat dan sederhana, namun realitanya mereka harus melakukan penelitian lapangan yang memerlukan waktu dan upaya ekstra.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti analis pasar, adalah bahwa peneliti pasar konsumen fokus pada pemahaman perilaku dan preferensi konsumen, sedangkan analis pasar lebih condong ke aspek finansial dan strategi bisnis.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Psikologi
Sosiologi
Antropologi
Statistik
Ekonomi
Marketing
Perilaku Konsumen
Komunikasi Pemasaran
Periklanan dan Hubungan Masyarakat

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Nielsen Indonesia
Kantar Indonesia
MarkPlus Indonesia
Ipsos Indonesia
Millward Brown Indonesia
MARS Indonesia
Alpha Research Indonesia
Mediatrac Indonesia
JAKPAT Research
Refiners Research & Consulting