Sebagai pengajar mata pelajaran Tarbiyah, tugas utama saya adalah mengajarkan siswa tentang nilai-nilai agama dan moral dalam kehidupan sehari-hari.
Saya juga bertanggung jawab untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka tentang ajaran agama Islam serta mendorong mereka untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, saya juga harus membuat rencana pelajaran yang efektif, merancang materi pembelajaran yang menarik, dan melakukan evaluasi untuk memastikan siswa memahami dan menguasai materi pelajaran Tarbiyah dengan baik.
Seorang pengajar mata pelajaran Tarbiyah yang cocok adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai ajaran Tarbiyah dan dapat menyampaikan materi secara jelas dan terstruktur kepada para siswa. Mereka juga harus memiliki kemampuan dalam menginspirasi dan memotivasi siswa untuk mengembangkan akhlak yang baik dan menerapkan nilai-nilai Islamic dalam kehidupan sehari-hari.
Jika kamu tidak memiliki minat dalam bidang agama, kurang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, dan kurang sabar dalam mengajar, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi pengajar mata pelajaran tarbiyah.
Miskonsepsi tentang profesi Pengajar Mata Pelajaran Tarbiyah adalah bahwa mereka hanya bertugas mengajar agama Islam, padahal sebenarnya mereka juga mengajarkan nilai-nilai moral dan etika kepada siswa.
Ekspektasi orang tentang profesi ini adalah bahwa Pengajar Mata Pelajaran Tarbiyah harus memiliki pengetahuan agama yang sangat mendalam, padahal realitanya mereka juga harus memiliki kemampuan mengelola kelas dan memahami perkembangan psikologi anak.
Perbedaan dengan profesi sejenis, seperti Ustadz atau Muballigh, adalah bahwa Pengajar Mata Pelajaran Tarbiyah lebih berfokus pada pendidikan formal di sekolah, dengan tugas mengajar berbagai mata pelajaran serta memberikan pembinaan nilai-nilai moral kepada siswa.