Pengamat Pasar

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai pengamat pasar melibatkan analisis dan pemantauan terhadap kondisi pasar dan tren bisnis.

Tugas utama meliputi mengumpulkan dan menganalisis data pasar, melihat perubahan perilaku konsumen, serta mengevaluasi strategi bisnis kompetitor.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan penyusunan laporan dan rekomendasi untuk membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan strategis.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pengamat pasar?

Orang yang cocok dengan pekerjaan sebagai pengamat pasar adalah seseorang yang memiliki pengetahuan luas tentang industri dan tren pasar, serta memiliki kemampuan analisis yang tajam dan kepekaan terhadap perubahan.

Mereka juga harus memiliki ketelitian dalam pengumpulan dan interpretasi data, serta mampu mengambil keputusan yang strategis berdasarkan hasil analisis pasar.

Jika kamu tidak memiliki ketajaman analisis, tidak peka terhadap perubahan pasar, dan tidak suka mengikuti perkembangan tren, kamu tidak cocok menjadi seorang pengamat pasar.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Pengamat Pasar adalah bahwa mereka hanya perlu melihat grafik dan melakukan prediksi, padahal sebenarnya mereka juga harus melakukan riset mendalam dan analisis data untuk memahami pasar secara menyeluruh.

Ekspektasi terhadap Pengamat Pasar sering kali adalah mereka dapat dengan akurat memprediksi pergerakan pasar, namun kenyataannya fluktuasi pasar sangat kompleks dan sulit untuk diprediksi dengan tepat.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Analis Pasar, adalah bahwa Pengamat Pasar lebih menekankan pada pemantauan secara menyeluruh terhadap pasar dengan fokus pada tren dan perubahan, sedangkan Analis Pasar lebih berfokus pada analisis data dan memberikan rekomendasi investasi kepada klien.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ekonomi
Manajemen Bisnis
Pemasaran
Statistik
Komunikasi
Perencanaan Kota dan Wilayah
Sosiologi
Psikologi
Ilmu Politik
Geografi Ekonomi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Nielsen Indonesia
Kantar Indonesia
MarkPlus Insight
Ipsos Indonesia
AC Nielsen Indonesia
Indo Barometer
MARS Indonesia
Millward Brown Indonesia
GfK Indonesia
Quattro Indonesia