Pekerjaan di bidang pengelola event/kegiatan pariwisata melibatkan perencanaan dan pelaksanaan berbagai acara atau kegiatan yang berkaitan dengan sektor pariwisata.
Tugas utama meliputi merancang konsep acara, mencari sponsor, mengkoordinasikan dengan berbagai pihak terkait, dan memastikan acara berjalan lancar.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemilihan lokasi, pengaturan transportasi dan akomodasi, serta promosi acara agar dapat menarik minat wisatawan.
Seorang yang kreatif, memiliki kemampuan organisasi yang baik, serta mampu berkomunikasi dengan baik, akan cocok untuk menjadi pengelola event/kegiatan pariwisata.
Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan dalam mengatasi permasalahan dengan cepat dan fleksibel, serta memiliki pengetahuan yang luas mengenai industri pariwisata.
Jika kamu adalah seorang yang tidak suka berinteraksi dengan banyak orang, tidak memiliki kreativitas untuk merancang acara, dan tidak terbiasa bekerja dalam tekanan waktu yang tinggi, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi pengelola event/kegiatan pariwisata adalah bahwa pekerjaan ini hanya tentang merencanakan acara dan menjaga tamu tetap bahagia, padahal sebenarnya melibatkan banyak tugas administratif dan koordinasi yang rumit.
Ekspektasi umum terkait profesi ini adalah bisa bepergian dan mengunjungi tempat-tempat wisata secara gratis, namun realitanya pekerjaan ini membutuhkan waktu, usaha, dan dedikasi yang intensif termasuk bekerja saat liburan atau di luar jam kerja normal.
Perbedaannya dengan profesi yang mirip seperti travel agent adalah bahwa seorang pengelola event/kegiatan pariwisata lebih berfokus pada perencanaan dan pelaksanaan acara dan kegiatan khusus di tempat wisata, sementara seorang travel agent lebih berfokus pada mengatur perjalanan dan akomodasi wisatawan.