Sebagai pengelola program pendidikan inklusi, tugas utama adalah merencanakan dan mengkoordinasikan program pendidikan yang inklusif bagi siswa dengan kebutuhan khusus.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan guru dan staf pendidikan lainnya untuk mendukung siswa inklusi dalam kelas yang biasa.
Pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan dan evaluasi program pendidikan inklusi serta memberikan dukungan dan saran kepada siswa, guru, dan orangtua untuk memastikan keberhasilan partisipasi dan perkembangan siswa inklusi.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengelola Program Pendidikan Inklusi adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pendidikan anak-anak dengan berbagai kondisi khusus, serta memiliki keterampilan dalam merencanakan dan melaksanakan program pendidikan inklusi yang efektif.
Dalam pekerjaan ini, seorang pengelola program pendidikan inklusi juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, empati, dan kesabaran tinggi agar dapat bekerja dengan anak-anak yang memiliki kebutuhan pendidikan khusus dengan baik.
Jika kamu tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan tantangan anak-anak dengan kebutuhan khusus serta kurang memiliki sensibilitas terhadap inklusi dan kesetaraan pendidikan, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Pengelola Program Pendidikan Inklusi adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan mengarsipkan dan mengurus dokumen-dokumen administratif, padahal sebenarnya mereka harus merencanakan dan mengkoordinasikan program pendidikan inklusi bagi siswa berkebutuhan khusus.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa tugas-tugasnya hanya terbatas di kelas atau sekolah, padahal sebenarnya mereka harus bekerja sama dengan orangtua, pengajar, dan tenaga kesehatan untuk memastikan pendidikan inklusi berjalan lancar.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru biasa atau koordinator pendidikan, adalah bahwa Pengelola Program Pendidikan Inklusi memiliki peran yang lebih spesifik dalam memastikan penyediaan akses dan dukungan pendidikan yang tepat bagi siswa berkebutuhan khusus.