Pengembang E-learning Fisika

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai pengembang e-learning fisika melibatkan pembuatan konten dan materi pembelajaran fisika yang interaktif.

Tugas utama meliputi merancang dan mengembangkan modul pembelajaran online, video pembelajaran, dan latihan interaktif yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep fisika.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan guru fisika dan tim pengembang lainnya untuk memastikan kualitas dan efektivitas materi pembelajaran yang dihasilkan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pengembang e-learning fisika?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan pengembang e-learning fisika adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang kuat dalam bidang fisika, serta memiliki keahlian dalam pengembangan konten pembelajaran secara interaktif dan kreatif.

Kemampuan untuk berpikir analitis, cermat, dan memiliki jiwa detail juga diperlukan dalam pekerjaan ini untuk memastikan bahwa konten yang dikembangkan sesuai dengan standar pembelajaran fisika.

Jika kamu tidak memiliki keahlian dalam pemrograman, kurang memiliki minat dalam fisika, dan tidak memiliki kreativitas untuk mengembangkan konten pembelajaran, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan pengembang e-learning fisika.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Pengembang e-learning fisika adalah anggapan bahwa pekerjaannya hanya sebatas membuat materi pembelajaran fisika yang seru dan menarik. Padahal, mereka juga harus memiliki pemahaman mendalam tentang fisika dan keahlian dalam mengemas materi secara interaktif.

Ekspektasi terhadap Pengembang e-learning fisika seringkali melibatkan harapan bahwa mereka bisa menciptakan pembelajaran fisika yang instan atau menggantikan peran guru secara keseluruhan. Realitanya, pengembang e-learning hanya bisa menyediakan alat bantu pembelajaran yang efektif, namun tetap membutuhkan guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.

Perbedaan antara Pengembang e-learning fisika dan profesi serupa seperti desainer media pembelajaran adalah fokusnya. Pengembang e-learning fisika lebih mengutamakan penguasaan materi fisika dan kemampuan dalam mengemas pembelajaran secara interaktif, sedangkan desainer media pembelajaran lebih berfokus pada aspek visual dan desain dalam pembuatan materi pembelajaran.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknik Informatika atau Ilmu Komputer
Pendidikan Fisika
Multimedia dan Jaringan
Sistem Informasi
Teknologi Pendidikan
Grafika Komputer
Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Desain Interaksi
Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Ruang Guru
Quipper
Zenius Education
Kelas Pintar
Tutortube
HarukaEdu
Sekolahmu
PascaSarjana
Kelas Digital
GEGSebuah Negara