Pengembang Multimedia Pembelajaran Biologi

  Profil Profesi

Bertanggung jawab dalam merancang, mengembangkan, dan menguji multimedia pembelajaran biologi yang interaktif dan menarik.

Mengintegrasikan konten biologi dengan elemen visual, audio, dan animasi untuk menyampaikan informasi dengan cara yang mudah dipahami oleh siswa.

Bekerja sama dengan tim pendidik dan ahli biologi untuk menghasilkan materi pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kurikulum.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pengembang multimedia pembelajaran biologi?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengembang multimedia pembelajaran biologi adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang biologi, kreatif, dan memiliki keterampilan dalam pengembangan multimedia.

Dalam pekerjaannya, ia juga perlu memiliki kemampuan analisis yang baik dan kreativitas dalam menyampaikan materi biologi secara menarik dan interaktif.

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang biologi serta tidak memiliki keahlian dalam mengembangkan multimedia pembelajaran, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Pengembang Multimedia Pembelajaran Biologi adalah bahwa mereka hanya perlu menguasai teknologi tanpa memahami secara mendalam materi biologi yang diajarkan.

Ekspektasi yang salah adalah bahwa mereka hanya perlu mengeksekusi permintaan dari pihak lain tanpa memberikan kontribusi kreatif dalam pengembangan multimedia pembelajaran biologi.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru biologi, adalah bahwa pengembang multimedia pembelajaran biologi lebih fokus pada pengembangan konten dan alat pembelajaran digital, sedangkan guru biologi lebih fokus pada pengajaran langsung kepada siswa dalam kelas.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pendidikan Biologi
Teknik Informatika atau Teknik Komputer
Desain Komunikasi Visual atau Desain Grafis
Teknologi Informasi atau Sistem Informasi
Ilmu Komputer atau Ilmu Komputasi
Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Multimedia dan Jaringan Komunikasi
Multimedia dan Sistem Informasi
Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence
Ilmu Perpustakaan dan Ilmu Informasi.

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Aneka Tambang Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
PT Indosat Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Kalbe Farma Tbk