Seorang pengurus program pendidikan non formal bertanggung jawab dalam mengelola dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah.
Tugas utama meliputi perencanaan program, pengorganisasian kegiatan, serta pemantauan dan evaluasi hasil dari program pendidikan non formal.
Selain itu, seorang pengurus program pendidikan non formal juga bertanggung jawab dalam menjalin kerjasama dengan masyarakat, lembaga pendidikan lain, dan pihak terkait lainnya guna mendukung tercapainya tujuan pendidikan non formal.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengurus Program Pendidikan Non Formal adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan organisasi yang baik, dan mampu bekerja dengan berbagai jenis komunitas dan individu dengan latar belakang yang berbeda.
Sebagai pengurus program pendidikan non formal, seseorang juga harus memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang pendidikan, komunikasi yang efektif, dan kemampuan kepemimpinan yang baik.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak memiliki ketekunan, dan tidak bisa bekerja dengan beragam orang dari berbagai latar belakang, kamu tidak cocok sebagai pengurus program pendidikan non formal.
Miskonsepsi tentang profesi Pengurus Program Pendidikan Non Formal adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengurus kegiatan-kegiatan sambilan tanpa ada tanggung jawab serius. Namun, kenyataannya, mereka memiliki tanggung jawab yang besar dalam merencanakan, mengkoordinasi, dan mengawasi program-program pendidikan non formal yang berdampak langsung pada peserta didik.
Ekspektasi salah tentang profesi ini adalah bahwa mereka hanya perlu memiliki latar belakang pendidikan formal yang rendah. Padahal, dalam realita, pengurus program pendidikan non formal harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang metode pendidikan alternatif, kemampuan kepemimpinan, dan kemampuan organisasi yang baik.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru di sekolah formal, adalah bahwa Pengurus Program Pendidikan Non Formal tidak hanya bertanggung jawab untuk mengajar dalam kelas, tetapi juga merencanakan dan mengawasi program-program pendidikan di luar lingkungan sekolah. Mereka juga bekerja dengan kelompok target yang beragam, termasuk anak-anak, remaja, dan dewasa.