pekerjaannya adalah menganalisis dan mempelajari pasar untuk memberikan wawasan dan informasi kepada perusahaan.
Tugasnya meliputi pengumpulan data mengenai perilaku konsumen, tren pasar, persaingan, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi pasar.
Hasil dari pekerjaan ini akan digunakan oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan strategis dan pengembangan produk atau layanan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Periset Pasar adalah seseorang yang analitis, memiliki keterampilan dalam pengumpulan dan analisis data, dan dapat membuat kesimpulan yang akurat berdasarkan temuan riset pasar.
Sebagai seorang periset pasar, individu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menjelaskan temuan riset dengan jelas kepada klien atau pimpinan perusahaan.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan analitis yang kuat dan kurang minat dalam pengumpulan, analisis, dan interpretasi data, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai periset pasar.
Miskonsepsi tentang profesi sebagai periset pasar adalah bahwa pekerjaannya hanya mencakup menganalisis data dan membuat laporan, padahal sebenarnya mereka juga harus melakukan riset lapangan, wawancara, dan observasi langsung.
Ekspektasi yang salah tentang menjadi periset pasar adalah bahwa pekerjaan ini selalu berhubungan dengan perkembangan produk baru yang sukses, padahal kenyataannya mereka juga harus menghadapi kegagalan dan tantangan yang kompleks.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti analis pasar, adalah bahwa analis pasar lebih fokus pada analisis data dan tren, sementara periset pasar lebih berfokus pada riset pasar primer yang melibatkan interaksi langsung dengan konsumen dan pemahaman mendalam tentang perilaku konsumen.