Psikolog Media

  Profil Profesi

Pekerjaan di bidang psikolog media melibatkan analisis dan evaluasi terhadap isi media, seperti program televisi, film, iklan, dan konten digital.

Tugas utama meliputi mengidentifikasi dan menginterpretasi pesan, nilai-nilai, dan dampak psikologis yang dapat dipengaruhi oleh media massa.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan memberikan saran atau rekomendasi kepada klien, seperti produser media atau perusahaan pemasaran, untuk memastikan konten media yang dihasilkan sesuai dengan prinsip-prinsip psikologis yang sehat dan etis.

Apa saya cocok bekerja sebagai Psikolog media?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Psikolog Media adalah seseorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang psikologi dan media, serta mampu menganalisis dan menginterpretasikan pesan-pesan yang disampaikan melalui media dengan baik.

Dalam pekerjaan ini, seorang psikolog media juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang kuat dan dapat bekerja secara kolaboratif dengan berbagai pihak, termasuk produser media dan masyarakat umum.

Seseorang yang memiliki sedikit pemahaman tentang psikologi, kurang sensitif terhadap isu-isu sosial, dan sulit berempati dengan orang lain kemungkinan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai psikolog media.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Psikolog Media adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menghibur dan mempengaruhi orang melalui media, padahal sebenarnya tanggung jawab mereka lebih pada analisis dan penelitian perilaku manusia yang terkait dengan media.

Ekspektasi terhadap profesi Psikolog Media seringkali berfokus pada popularitas dan ketenaran, sedangkan realitanya lebih membutuhkan kemampuan analitik yang kuat dan pemahaman mendalam tentang dampak media terhadap individu dan masyarakat.

Perbedaan antara Psikolog Media dan profesi yang mirip, seperti PR atau jurnalis, adalah bahwa Psikolog Media lebih fokus pada aspek psikologi dan perilaku manusia yang terkait dengan media, sementara profesion lainnya lebih pada pengelolaan komunikasi dan penyebaran informasi.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Jurnalistik
Teknik Informatika
Desain Grafis
Multimedia
Antropologi
Sosiologi
Pendidikan
Psikologi
Psikologi Komunikasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Media Nusantara Citra Tbk
PT Kompas Media Nusantara
PT Trans Media Corpora
PT Media Televisi Indonesia
PT MNC Sky Vision Tbk
PT Emtek Tbk
PT Media Prima Nusantara
PT Indika Televisi
PT Media Kadaya Aditama
PT Cipta Adhi Pradana