Public Relations Executive

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Public Relations Executive melibatkan membangun hubungan dengan media dan pihak terkait untuk mempromosikan perusahaan atau produk.

Tugas utama meliputi menulis dan mendistribusikan release pers, mengatur konferensi pers, serta menjaga hubungan baik dengan wartawan dan media.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan mengelola acara atau kampanye publik, serta memberikan dukungan dalam penanganan krisis atau situasi yang mengganggu reputasi perusahaan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Public Relations Executive?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Public Relations Executive adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, kreatif, dan berorientasi pada hasil, serta mampu menjalin hubungan yang baik dengan media dan klien.

Dalam pekerjaan ini, kandidat juga harus memiliki keahlian dalam manajemen waktu yang baik dan kemampuan untuk bekerja dengan cepat dalam situasi yang cepat berubah.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak suka berinteraksi dengan orang lain, tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan tidak bisa menghadapi tekanan dari media dan masyarakat, maka kamu mungkin tidak cocok menjadi seorang Public Relations Executive.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Public Relations Executive adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengatur acara dan membawa nama baik perusahaan. Padahal, tugasnya meliputi penanganan krisis, media relations, komunikasi internal, dan strategi pemasaran.

Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa Public Relations Executive dapat memperbaiki citra perusahaan secara instan. Padahal, membangun reputasi yang baik butuh waktu, kerja keras, dan strategi yang matang.

Perbedaan utama antara Public Relations Executive dengan profesi yang mirip, seperti Advertising Executive, adalah bahwa PR Executive fokus pada memelihara hubungan antara perusahaan dengan media dan masyarakat, sedangkan Advertising Executive lebih berfokus pada strategi pemasaran dan promosi melalui iklan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Hubungan Masyarakat
Manajemen Bisnis
Marketing
Jurnalisme
Public Relations
Psikologi
Humas dan Komunikasi Strategis
Pemasaran Digital
Event Management

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telkom Indonesia
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Astra International Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Bank Central Asia (BCA) Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Toyota Astra Motor
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk