Public Relations Pariwisata

  Profil Profesi

Bekerja di bidang Public Relations Pariwisata melibatkan mengelola hubungan dan komunikasi antara destinasi pariwisata dengan masyarakat, media, dan pihak terkait lainnya.

Tugas utama meliputi mengatur kunjungan pers, konferensi pers, dan acara promosi pariwisata untuk meningkatkan citra dan popularitas destinasi pariwisata.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pembuatan konten promosi, media monitoring, dan kerjasama dengan influencer dan blogger pariwisata untuk meningkatkan visibilitas destinasi pariwisata.

Apa saya cocok bekerja sebagai Public Relations Pariwisata?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Public Relations Pariwisata adalah seorang yang berkomunikasi dengan lancar, memiliki kreativitas dalam mempromosikan destinasi pariwisata, dan memiliki jaringan yang luas di industri perhotelan serta pariwisata.

Pekerjaan Public Relations Pariwisata juga membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan negosiasi yang baik, mampu bekerja dalam tekanan, dan memiliki pemahaman yang baik tentang industri pariwisata secara keseluruhan.

Seseorang yang introvert dan tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik mungkin tidak cocok dengan pekerjaan di bidang Public Relations Pariwisata.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Public Relations Pariwisata adalah bahwa pekerjaannya hanya berkaitan dengan perjalanan dan liburan, padahal sebenarnya mereka bekerja untuk mempromosikan dan membangun citra positif destinasi pariwisata.

Ekspektasi umumnya mengira Public Relations Pariwisata hanya perlu menghadiri acara-acara wisata dan menikmati fasilitas liburan, padahal dalam realitasnya mereka juga harus mengelola krisis, menghadapi tantangan media sosial, dan bekerja dalam tekanan waktu yang ketat.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Travel Blogger adalah bahwa Public Relations Pariwisata bekerja untuk mempromosikan dan memposisikan destinasi pariwisata secara profesional menggunakan strategi komunikasi, sementara Travel Blogger lebih fokus pada pengalaman pribadi dan merekomendasikan tempat wisata kepada pengikutnya.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pariwisata
Komunikasi
Hubungan Masyarakat
Diplomasi Pariwisata
Manajemen Pariwisata
Desain Komunikasi Visual
Komunikasi Massa
Komunikasi Perhotelan
Ilmu Komunikasi
Pemasaran Pariwisata

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Garuda Indonesia
Wonderful Indonesia
Traveloka
AirAsia
Enjoy Jakarta
Bali Tourism Board
Trans Resort Bali
Hotel Borobudur Jakarta
PT Taman Impian Jaya Ancol
PT Ratu Oceania Raya