Pekerjaan sebagai Public Relations Specialist melibatkan manajemen hubungan antara perusahaan dan masyarakat.
Tugas utama meliputi pembuatan strategi komunikasi, pengelolaan media sosial, serta merancang dan melaksanakan acara promosi dan penggalangan dana.
Selain itu, seorang Public Relations Specialist juga bertanggung jawab dalam menghadapi dan menyelesaikan krisis yang terkait dengan citra perusahaan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Public Relations Specialist adalah seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik, mampu berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, serta memiliki jiwa kreatif dan inovatif untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif.
Sebagai seorang Public Relations Specialist, seseorang juga harus memiliki kemampuan multitasking yang baik, dapat bekerja di bawah tekanan, serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi dalam memahami kebutuhan dan harapan klien serta audiens target.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan Public Relations Specialist adalah mereka yang kurang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sulit beradaptasi dengan perubahan situasi, dan kurang mampu mengatasi tekanan dalam menjaga hubungan baik dengan media dan masyarakat.
Miskonsepsi tentang Public Relations Specialist adalah bahwa pekerjaannya hanya berhubungan dengan mempromosikan produk atau acara. Padahal, tugas utama mereka adalah membina hubungan antara perusahaan dan publik secara luas serta menangani krisis komunikasi.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa Public Relations Specialist hanya bekerja di belakang layar dan tidak memiliki peran terdepan dalam strategi perusahaan. Kenyataannya, mereka sering terlibat dalam pengambilan keputusan strategis dan berinteraksi langsung dengan media, klien, dan pemangku kepentingan lainnya.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Advertising atau Marketing, adalah bahwa Public Relations Specialist fokus pada membangun dan memelihara citra baik perusahaan atau organisasi secara keseluruhan, sementara Advertising lebih berfokus pada pemasaran produk atau layanan tertentu, dan Marketing berfokus pada penjualan dan promosi produk.