Sebagai Rigging Artist, tugas utama saya adalah untuk membuat kerangka karakter 3D yang akan digunakan untuk animasi.
Prosesnya melibatkan menghubungkan berbagai komponen karakter, seperti tulang, sendi, dan kontrol, agar bisa bergerak dengan benar.
Selain itu, saya juga harus bekerja sama dengan animator dan modeler untuk memastikan bahwa rig yang saya buat sesuai dengan kebutuhan proyek animasi.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Rigging Artist adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang animasi komputer, kreatif, dan memiliki keterampilan teknis yang kuat dalam membangun kerangka karakter yang rumit.
Mengingat pekerjaan Rigging Artist melibatkan pengaturan dan pengendalian gerakan karakter dalam animasi, seorang kandidat juga harus teliti, detail-oriented, dan mampu bekerja dengan presisi tinggi.
Jika kamu tidak memiliki keterampilan teknis yang kuat dan ketelitian yang tinggi dalam merakit dan menganimasikan karakter 3D, kemungkinan besar kamu tidak cocok untuk menjadi seorang Rigging Artist.
Miskonsepsi tentang profesi Rigging Artist adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menggantung objek atau peralatan di lokasi produksi. Namun, kenyataannya, mereka adalah ahli dalam membuat dan mengatur rigging digital untuk karakter atau objek animasi dalam produksi film atau permainan.
Ekspektasi umum tentang Rigging Artist adalah bahwa mereka hanya perlu memiliki keterampilan modeling atau animasi dasar. Namun, realitanya, profesi ini mengharuskan pemahaman mendalam tentang anatomi, fisika, matematika, dan bahasa pemrograman untuk membuat rigging yang realistis dan berkualitas tinggi.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Character Animator, adalah bahwa Rigging Artist fokus pada pengaturan struktur dan pengendalian gerakan karakter atau objek, sedangkan Character Animator lebih berfokus pada membuat animasi karakter yang hidup. Meskipun keduanya saling terkait, peran Rigging Artist lebih teknis dan membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam tentang mekanika karakter.