Pekerjaan sebagai perencana acara sosial melibatkan perencanaan dan pelaksanaan acara-acara sosial untuk berbagai keperluan.
Tugas utama meliputi merencanakan tema acara, mencari lokasi, mengatur waktu dan tanggal, serta menyusun anggaran acara.
Selain itu, perencana acara sosial juga bertanggung jawab dalam menjalin hubungan dengan vendor, memastikan semua detail acara berjalan lancar, dan memastikan kepuasan tamu yang hadir.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Perencana Acara Sosial adalah seorang yang kreatif, memiliki jiwa kepemimpinan, dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak terkait untuk menyelenggarakan acara yang sukses.
Dalam pekerjaan ini, kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik, multitasking, dan memiliki ketekunan dalam menghadapi tantangan adalah kualitas yang sangat penting untuk sukses sebagai perencana acara sosial.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak suka berinteraksi dengan orang lain, tidak memiliki kemampuan untuk mengatur acara dengan baik, dan tidak memiliki kreativitas dalam mengatur event, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai social event planner.
Miskonsepsi tentang profesi social event planner adalah bahwa pekerjaannya hanya tentang mengatur pesta dan acara yang glamor. Namun, kenyataannya, mereka juga harus mengurus banyak detail dan menjalankan tanggung jawab administratif serta logistik yang kompleks.
Ekspektasi terhadap social event planner sering kali melibatkan kehidupan sosial yang glamor dan bertemu dengan selebriti. Tapi faktanya, sebagian besar waktu mereka dihabiskan dengan berkoordinasi dengan pemasok, menangani anggaran, dan mengatasi masalah teknis yang mungkin timbul selama acara.
Perbedaan signifikan antara social event planner dan profesi yang mirip, seperti wedding planner, adalah cakupan tugasnya. Social event planner harus bersedia mengatur berbagai jenis acara, mulai dari pernikahan, pesta ulang tahun, hingga konferensi bisnis. Sementara wedding planner hanya fokus pada perencanaan pernikahan.