Staf akuntansi logistik bertanggung jawab untuk mengelola dan mencatat transaksi keuangan yang terkait dengan kegiatan logistik perusahaan.
Tugas utamanya meliputi penginputan dan pemrosesan data pembelian, penjualan, dan pengeluaran logistik, serta penyusunan laporan keuangan yang terkait.
Selain itu, staf akuntansi logistik juga bekerja sama dengan tim logistik untuk memastikan kesesuaian antara data dan kegiatan logistik yang dilakukan oleh perusahaan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Staf Akuntansi Logistik adalah seorang yang memiliki pemahaman yang baik tentang akuntansi dan logistik, memiliki kemampuan analisis yang kuat, dan dapat bekerja secara detail-oriented untuk mengelola keuangan yang kompleks dalam industri logistik.
Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan tim lain dan pihak eksternal seperti penyedia logistik dan pemasok.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang akuntansi dan tidak tertarik dengan bidang logistik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai staf akuntansi logistik.
Miskonsepsi tentang profesi Staf Akuntansi Logistik adalah mereka hanya bertanggung jawab untuk mencatat transaksi keuangan, padahal sebenarnya mereka juga memiliki tugas untuk mengatur dan memantau aliran keuangan serta stok barang secara efisien.
Ekspektasi umum adalah bahwa Staf Akuntansi Logistik hanya perlu memiliki kemampuan akuntansi yang baik, namun realitanya mereka juga harus memiliki pemahaman tentang logistik dan proses pengadaan barang.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Staf Akuntansi atau Staf Logistik lainnya adalah Staf Akuntansi Logistik memadukan pengetahuan akuntansi dan logistik, sehingga mereka memiliki pemahaman yang lebih holistik dalam mengelola keuangan dan persediaan barang.