Pekerjaan sebagai Staf Humas melibatkan mengelola hubungan antara perusahaan dengan publik, termasuk media massa dan masyarakat umum.
Tugas utama meliputi menyusun strategi komunikasi, merencanakan peluncuran produk atau acara, dan menyebarkan informasi kepada publik melalui media massa atau platform digital.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan menjaga citra perusahaan, merespon pertanyaan atau masalah yang muncul dari publik, serta membangun hubungan baik dengan semua pihak terkait untuk meningkatkan pemahaman publik tentang perusahaan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Staf Humas adalah seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu bernegosiasi, dan memiliki kreativitas yang tinggi dalam merancang strategi komunikasi.
Kemampuan untuk bekerja dalam tekanan waktu yang ketat dan fleksibel dalam mengatasi situasi yang kompleks juga akan sangat berguna sebagai seorang Staf Humas.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Staf Humas adalah mereka yang memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi, tidak memiliki kemampuan mengelola hubungan dengan baik, dan sulit beradaptasi dengan situasi yang berubah-ubah.
Miskonsepsi tentang profesi Staf Humas adalah bahwa ekspektasinya hanya terbatas pada tugas-tugas administratif, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam mengelola hubungan dengan media dan publik.
Realita dari profesi Staf Humas adalah bahwa mereka harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, strategi pemasaran, serta menguasai teknologi informasi dan sosial media.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti sekretaris atau asisten pribadi, adalah bahwa Staf Humas memiliki peran yang lebih strategis dalam membangun citra dan reputasi perusahaan atau organisasi, sementara sekretaris atau asisten pribadi cenderung lebih fokus pada tugas-tugas administratif dan dukungan operasional.