Tugas dari staf Pemasaran Pariwisata meliputi promosi destinasi pariwisata melalui media sosial, website, brosur, dan kampanye pemasaran lainnya.
Staf ini juga bertanggung jawab untuk menjalin kerjasama dengan agen perjalanan, hotel, dan tempat wisata untuk mengatur paket perjalanan dan mendapatkan penawaran terbaik.
Selain itu, staf Pemasaran Pariwisata juga harus menghasilkan laporan penjualan dan melakukan analisis pasar untuk meningkatkan strategi pemasaran.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Staf Pemasaran Pariwisata adalah orang yang kreatif, memiliki pandangan yang luas tentang pariwisata, dan memiliki kemampuan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif.
Mereka juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan klien dan mitra bisnis, serta kemampuan dalam mengelola proyek dengan baik untuk mencapai tujuan pemasaran yang ditetapkan.
Jika kamu tidak memiliki kreativitas, keahlian dalam berkomunikasi dengan orang lain, dan minat yang kuat dalam industri pariwisata, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai staf pemasaran pariwisata.
Miskonsepsi tentang profesi Staf Pemasaran Pariwisata adalah bahwa mereka hanya bekerja dengan perjalanan dan liburan yang menyenangkan, padahal pekerjaan mereka melibatkan banyak upaya untuk memasarkan dan mempromosikan destinasi pariwisata.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa Staf Pemasaran Pariwisata hanya mengurus liburan gratis, tetapi kenyataannya mereka harus bekerja keras dan terlibat dalam perencanaan strategi pemasaran, analisis data, serta bekerja dengan berbagai pihak terkait pariwisata.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Pramuniaga Pariwisata, adalah bahwa Staf Pemasaran Pariwisata lebih fokus pada aspek pemasaran, promosi, dan strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, sedangkan Pramuniaga Pariwisata lebih fokus pada memberikan pelayanan langsung kepada wisatawan ketika mereka berada di destinasi.