Tugasnya mencakup merancang dan melaksanakan program penelitian yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam.
Selain itu, staf penelitian dan pengembangan juga bertanggung jawab dalam mengumpulkan dan menganalisis data serta menghasilkan laporan penelitian yang berkualitas.
Pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan tim lainnya untuk mengembangkan inovasi dan perbaikan dalam metode pendidikan agama Islam.
Seorang yang berpengalaman dalam penelitian dan pengembangan, memiliki latar belakang pendidikan agama Islam, dan memiliki minat yang kuat dalam pengembangan lembaga pendidikan agama Islam, akan cocok untuk menjadi staf penelitian dan pengembangan di lembaga pendidikan agama Islam.
Seorang kandidat yang memiliki visi jangka panjang untuk pengembangan lembaga pendidikan agama Islam, serta mampu bekerja secara mandiri dan dalam tim, akan menjadi orang yang cocok untuk menjadi staf penelitian dan pengembangan di lembaga pendidikan agama Islam.
Jika kamu kurang memiliki minat atau pemahaman yang cukup dalam bidang agama Islam, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi: Ekspektasi tentang staf penelitian dan pengembangan di lembaga pendidikan agama Islam mungkin adalah bahwa mereka hanya bekerja di lingkungan kantor dan tidak memiliki kontak dengan siswa atau kegiatan pendidikan langsung. Namun, realitanya adalah bahwa mereka juga terlibat dalam pengajaran, membimbing siswa, dan terlibat dalam proses pembelajaran.
Perbedaan dengan profesi mirip: Perbedaan antara staf penelitian dan pengembangan di lembaga pendidikan agama Islam dengan profesi yang mirip seperti dosen adalah fokusnya. Staf penelitian dan pengembangan lebih berfokus pada mengembangkan kurikulum, merumuskan program kegiatan, dan melakukan penelitian tentang metode pembelajaran agama Islam yang efektif. Sementara itu, dosen juga terlibat dalam kegiatan pengajaran di kelas.
Miskonsepsi: Salah satu miskonsepsi tentang staf penelitian dan pengembangan di lembaga pendidikan agama Islam adalah bahwa mereka tidak berperan penting dalam pengembangan kurikulum dan inovasi pendidikan. Padahal, realitanya adalah bahwa mereka merupakan bagian penting dalam merumuskan strategi pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam dan mengintegrasikan pemikiran Islam dalam proses pembelajaran.