Staf Quality Assurance bertanggung jawab untuk memastikan kualitas produk atau layanan yang dihasilkan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
Pekerjaan utama meliputi mengembangkan dan mengimplementasikan prosedur pengujian, melakukan pengawasan terhadap proses produksi atau pelayanan, serta membuat laporan evaluasi kualitas.
Selain itu, Staf Quality Assurance juga melibatkan kerjasama dengan tim lain, seperti tim produksi atau tim layanan pelanggan, untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah kualitas yang mungkin timbul.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Staf Quality Assurance adalah seseorang yang teliti, memiliki pemahaman yang kuat tentang proses produksi, dan mampu menganalisis data dengan baik.
Dalam memastikan kualitas produk, seorang kandidat harus memiliki keterampilan problem solving yang baik, serta memiliki kepekaan terhadap detail dan kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan diri.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak teliti, tidak peka terhadap kualitas, dan tidak cermat dalam memeriksa detail, kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini sebagai staf Quality Assurance.
Miskonsepsi tentang profesi Staf Quality Assurance adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menemukan kesalahan dan kekurangan dalam suatu produk, padahal sebenarnya mereka juga terlibat dalam pengembangan dan perbaikan produk secara keseluruhan.
Ekspektasi terhadap Staf Quality Assurance seringkali berlebihan, di mana diharapkan bahwa mereka dapat menjamin produk yang sempurna dan bebas dari kekurangan saat diluncurkan, namun realitanya adalah bahwa mereka hanya dapat mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang ada, namun tidak dapat menjamin bahwa tidak akan ada masalah sama sekali.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti software tester, adalah bahwa Staf Quality Assurance tidak hanya fokus pada pengujian produk atau perangkat lunak, tetapi juga melibatkan aspek kualitas dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan, termasuk evaluasi dari segi desain, fungsionalitas, dan performa produk.