Statistisi Pemasaran

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai statistisi pemasaran melibatkan analisis dan interpretasi data untuk mengidentifikasi tren dan pola dalam perilaku konsumen.

Tugas utama meliputi pengumpulan data dari berbagai sumber, penerapan metode statistik untuk menganalisis data tersebut, dan menghasilkan laporan yang memberikan wawasan dan rekomendasi bagi tim pemasaran.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kolaborasi dengan tim pemasaran untuk merancang strategi pemasaran yang efektif berdasarkan hasil analisis data.

Apa saya cocok bekerja sebagai Statistisi Pemasaran?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Statistisi Pemasaran adalah seorang yang memiliki keahlian dalam analisis data, pemahaman yang mendalam tentang pasar dan tren konsumen, serta kemampuan komunikasi yang baik untuk mengartikulasikan hasil analisis data kepada tim pemasaran.

Dalam menghadapi tugas-tugas analisis yang kompleks dan mempengaruhi strategi pemasaran, seorang statistisi pemasaran juga harus memiliki keahlian dalam penggunaan perangkat lunak statistik dan kemampuan problem-solving yang tinggi.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak tertarik dengan analisis data, kurang memiliki keinginan untuk mempelajari tren dan pola-pola pasar, dan kurang mampu mengambil keputusan berdasarkan data, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai statistisi pemasaran.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Statistisi Pemasaran adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengumpulkan data tanpa memahami bagaimana menginterpretasinya.

Ekspektasi yang tidak realistis adalah menganggap Statistisi Pemasaran dapat menghasilkan hasil yang instan dan mengatasi semua masalah bisnis.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Data Analyst, adalah bahwa Statistisi Pemasaran mengkhususkan diri dalam menganalisis data yang berhubungan dengan strategi pemasaran dan perilaku konsumen.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Statistik
Matematika
Ekonomi
Manajemen Bisnis
Pemasaran
Komunikasi
Statistika Terapan
Riset Pemasaran
Ekonomi Pemasaran
Bisnis Analitik

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Tokopedia
Bukalapak
Gojek
Traveloka
Lazada
Shopee
Telkomsel
XL Axiata
Pertamina
Unilever