bertanggung jawab dalam melakukan penelitian dalam bidang agroindustri.
Tugas utamanya meliputi pengumpulan data, pengujian, dan analisis terhadap bahan, produk, atau proses agroindustri.
Selain itu, tenaga peneliti juga bertugas menyusun laporan penelitian dan menyampaikan hasil penelitian kepada pihak terkait untuk pengembangan dan peningkatan kualitas agroindustri.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Tenaga Peneliti di lembaga pendidikan dan penelitian agroindustri adalah seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang pertanian atau agroindustri, memiliki minat dan dedikasi yang tinggi dalam melakukan penelitian, serta memiliki kemampuan analitis yang baik.
Mereka juga harus mampu bekerja secara mandiri, memiliki keterampilan dalam pengumpulan dan analisis data, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berkolaborasi dengan tim peneliti dan mengkomunikasikan hasil penelitian kepada pihak-pihak terkait.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki minat atau pengetahuan yang cukup dalam bidang pertanian dan industri agroindustri, serta kurang memiliki kemampuan analitis dan kreatif dalam melakukan penelitian.
Ekspektasi: Tenaga peneliti di lembaga pendidikan dan penelitian agroindustri hanya melakukan penelitian dan menghasilkan temuan yang revolusioner.
Realita: Selain melakukan penelitian, mereka juga harus melakukan pekerjaan administrasi, mengajukan proposal penelitian, dan mengelola anggaran penelitian.
Ekspektasi: Tenaga peneliti di lembaga pendidikan dan penelitian agroindustri bisa menghabiskan sebagian besar waktu di laboratorium.
Realita: Selain di laboratorium, mereka juga harus melakukan penelitian lapangan, mengikuti pertemuan terkait penelitian, dan melakukan presentasi hasil penelitian.
Perbedaan dengan profesi yang mirip: Tenaga peneliti di lembaga pendidikan dan penelitian agroindustri berbeda dengan guru atau dosen, karena tugas mereka lebih fokus pada penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam konteks agroindustri, sedangkan guru atau dosen lebih fokus pada pengajaran dan mendidik siswa atau mahasiswa di bidangnya.