Pekerjaan di bidang tenaga penjualan keberlanjutan mencakup promosi dan penjualan produk atau layanan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
Tugas utama meliputi mengidentifikasi peluang penjualan, membangun hubungan dengan pelanggan, dan memberikan informasi yang akurat mengenai keunggulan produk atau layanan keberlanjutan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pendidikan dan kesadaran lingkungan kepada pelanggan, serta melakukan penelitian pasar untuk mengidentifikasi tren dan preferensi konsumen terkait dengan produk atau layanan keberlanjutan.
Profil orang yang cocok untuk pekerjaan sebagai Tenaga Penjualan Keberlanjutan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan minat dalam bidang keberlanjutan serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk mempengaruhi orang lain dalam mengadopsi praktik berkelanjutan.
Orang yang cocok juga harus memiliki ketekunan dan kemampuan negosiasi yang kuat untuk mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan bagi perusahaan dan pelanggan dalam hal keberlanjutan.
Jika kamu tidak memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, tidak memiliki ketekunan dalam menjual ide atau produk, dan tidak memiliki minat dalam topik keberlanjutan, maka kamu tidak cocok untuk menjadi tenaga penjualan keberlanjutan.
Miskonsepsi tentang profesi Tenaga Penjualan Keberlanjutan adalah bahwa pekerjaan ini hanya berkaitan dengan menjual produk-produk ramah lingkungan, padahal sebenarnya mencakup lebih dari itu.
Ekspektasi yang salah adalah bahwa Tenaga Penjualan Keberlanjutan akan dengan mudah mendapatkan banyak pelanggan yang peduli lingkungan, namun kenyataannya tetap memerlukan kerja keras untuk meyakinkan orang tentang pentingnya berinvestasi dalam produk atau layanan berkelanjutan.
Perbedaan dengan profesi serupa seperti Tenaga Penjualan biasa adalah bahwa Tenaga Penjualan Keberlanjutan juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang isu-isu lingkungan dan solusi berkelanjutan, serta kemampuan untuk mendidik pelanggan tentang manfaatnya.