Tim penasihat pendidikan inklusi anak bertugas memberikan dukungan kepada sekolah dan guru dalam hal menghasilkan lingkungan yang inklusif bagi semua anak.
Mereka mengadakan pertemuan dengan staf sekolah untuk memberikan saran dan rekomendasi tentang perubahan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman pembelajaran anak-anak inklusi.
Tim ini juga melakukan observasi di kelas-kelas inklusi untuk memberikan umpan balik kepada guru dan membantu merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak-anak inklusi.
Profil orang yang cocok untuk menjadi seorang tim penasihat pendidikan inklusi anak adalah seorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan pendidikan anak dengan kebutuhan khusus, memiliki kemampuan pengelolaan emosi yang baik, serta berkomunikasi dengan efektif dengan orang tua dan guru.
Seorang yang ideal juga harus memiliki keterampilan kolaborasi yang kuat, kemampuan pemecahan masalah, dan adaptabilitas untuk menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan pendekatan inklusi dalam lingkungan pendidikan.
Jika kamu tidak memiliki kepekaan terhadap kebutuhan anak dengan kebutuhan khusus, kurang memiliki kemampuan komunikasi yang efektif, dan tidak memiliki minat dalam mengembangkan program inklusi, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Tim Penasihat Pendidikan Inklusi Anak adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk memberikan rekomendasi dan saran, padahal sebenarnya mereka terlibat langsung dalam mendampingi, mengamati, dan mengimplementasikan strategi inklusi di sekolah.
Ekspektasi yang sering salah adalah bahwa Tim Penasihat Pendidikan Inklusi Anak dapat mengatasi semua hambatan dan masalah dalam inklusi, padahal realitanya mereka hanya berperan sebagai pendukung dan kolaborator dalam menciptakan lingkungan inklusif yang mengakomodasi kebutuhan semua anak, tetapi tidak dapat menghilangkan semua hambatan sepenuhnya.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti guru inklusi adalah bahwa Tim Penasihat Pendidikan Inklusi Anak memiliki peran yang lebih luas dan mendalam dalam merancang kebijakan pendidikan inklusi, melakukan asesmen kebutuhan khusus, memberikan pelatihan kepada guru dan staf sekolah, serta berkolaborasi dengan tim multidisiplin untuk memastikan implikasi praktis inklusi.