Tim pengembang evaluasi pembelajaran pendidikan sosial bertugas merancang dan mengembangkan instrumen evaluasi untuk mengukur pemahaman dan kemampuan siswa dalam pembelajaran sosial.
Selain itu, tim ini juga bertugas mengumpulkan dan menganalisis data hasil evaluasi, serta menyusun laporan evaluasi yang dapat digunakan sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sosial.
Tim pengembang evaluasi pembelajaran pendidikan sosial juga berperan dalam memberikan rekomendasi dan saran kepada guru dan sekolah dalam upaya perbaikan pembelajaran sosial yang berkesinambungan.
Profil orang yang cocok untuk menjadi bagian dari Tim Pengembang Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Sosial adalah seorang pendidik yang memiliki pemahaman mendalam tentang mata pelajaran Pendidikan Sosial, memiliki kreativitas dalam merancang instrumen evaluasi, dan mampu menganalisis data evaluasi dengan baik.
Mereka juga harus memiliki kerja tim yang baik dan dapat bekerja sama dengan anggota tim lainnya dalam mengembangkan instrumen serta menerapkan perbaikan dalam pembelajaran Pendidikan Sosial.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah seseorang yang tidak memiliki minat atau pemahaman yang cukup dalam bidang pendidikan sosial, tidak memiliki keterampilan analitis yang kuat, dan tidak mampu bekerja dalam tim dengan baik.
Miskonsepsi tentang profesi Tim Pengembang Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Sosial adalah bahwa pekerjaannya hanya berfokus pada mengevaluasi hasil belajar siswa. Padahal, sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam pengembangan materi pembelajaran dan metodologi yang sesuai dengan kebutuhan sosial.
Ekspektasi terhadap profesi ini sering kali didasarkan pada anggapan bahwa mereka hanya melakukan pekerjaan administratif. Padahal, di realita sehari-hari mereka perlu melakukan analisis data, membuat rekomendasi untuk perbaikan pembelajaran, dan berkolaborasi dengan pendidik serta stakeholder lainnya.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru atau konselor pendidikan, adalah bahwa Tim Pengembang Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Sosial lebih fokus pada pengembangan dan evaluasi kurikulum serta materi pembelajaran. Mereka berperan sebagai peneliti dan ahli dalam memastikan kesesuaian materi pembelajaran dengan kompetensi yang diharapkan.