Jurusan Fashion Merchandising adalah program studi yang mempelajari tentang pengelolaan dan penjualan produk fashion.
Mahasiswa di jurusan ini akan mendapatkan pengetahuan tentang tren fashion, merancang dan memasarkan produk, serta mengevaluasi kinerja pasar.
Selain itu, jurusan ini juga melibatkan studi tentang manajemen ritel, visual merchandising, dan analisis bisnis fashion.
Jika Anda memiliki minat dalam industri fashion, senang berkreasi, serta memiliki kemampuan dalam berbisnis dan berkomunikasi, jurusan Fashion Merchandising adalah pilihan yang tepat untuk Anda.
Mata kuliah di jurusan Fashion Merchandising mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Fashion Merchandising tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Banyak orang mengira jurusan Fashion Merchandising hanya mengajarkan tentang berbelanja, padahal sebenarnya ia mencakup studi mendalam tentang analisis tren, pemasaran, dan pengelolaan bisnis fashion.
2. Sejumlah individu salah paham bahwa Fashion Merchandising dan Design Fashion itu sama, tetapi kenyataannya jurusan ini lebih terfokus pada strategi bisnis dan manajemen produk daripada proses desain kreatif.
3. Ekspektasi bahwa lulusan Fashion Merchandising akan menjadi desainer terkenal seringkali tidak sesuai dengan realita, karena kebanyakan alumni bekerja di belakang layar industri mode, seperti dalam pembelian, perencanaan produk, atau manajemen retail.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Fashion Merchandising: