Jurusan Manajemen Administrasi adalah program studi yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan administratif mahasiswa.
Dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, dan manajemen strategik.
Jurusan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengorganisir, mengawasi, dan mengembangkan proses bisnis dan operasional.
Jurusan Manajemen Administrasi sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dan kemampuan dalam mengelola tim, mengambil keputusan strategis, dan mengoptimalkan kinerja organisasi.
Mata kuliah di jurusan Manajemen Administrasi mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Manajemen Administrasi tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Ekspektasi: Jurusan Manajemen Administrasi hanya mempelajari cara mengatur dokumen dan jadwal, padahal realitanya adalah pembelajaran yang luas mencakup manajemen sumber daya manusia, operasional, keuangan, dan strategis.
2. Miskonsepsi: Graduan Manajemen Administrasi kurang memiliki keahlian teknis dibandingkan dengan jurusan Akuntansi, tetapi sebenarnya kurikulumnya juga mengajarkan keahlian analisis data dan dasar-dasar keuangan.
3. Perbedaan: Banyak yang berpikir Manajemen Administrasi mirip dengan Sekretaris, namun jurusan Manajemen Administrasi memiliki cakupan yang lebih besar dalam aspek kepemimpinan dan pengambilan keputusan organisasi.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Manajemen Administrasi: