Jurusan Manajemen Komunikasi adalah program studi yang mengajarkan siswa tentang strategi komunikasi, branding, dan manajemen media dalam dunia bisnis dan industri kreatif.
Di sini, mahasiswa akan mengembangkan keterampilan komunikasi yang kuat, termasuk komunikasi tertulis, lisan, dan visual.
Selain itu, mereka juga akan mempelajari bagaimana mengelola media sosial, kampanye pemasaran, dan hubungan masyarakat.
Jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam berkomunikasi dengan efektif, mengelola merek atau produk, dan ingin bekerja di bidang pemasaran, PR, atau media.
Mata kuliah di jurusan Manajemen Komunikasi mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Manajemen Komunikasi tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Banyak yang beranggapan lulusan Manajemen Komunikasi hanya bekerja di bidang hubungan masyarakat, padahal prospek karirnya jauh lebih luas, termasuk marketing, advertising, dan manajemen media.
2. Meskipun sering disamakan dengan jurusan Ilmu Komunikasi, Manajemen Komunikasi lebih fokus pada aplikasi strategis komunikasi dalam konteks bisnis dan organisasi.
3. Realita kuliah Manajemen Komunikasi tidak hanya belajar teori komunikasi tetapi juga mempelajari keterampilan manajerial dan analisis media yang mendalam.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Manajemen Komunikasi: