Pekerjaan sebagai ahli aerodinamika melibatkan analisis dan penelitian tentang aliran udara (aerodinamika) pada objek seperti pesawat terbang, mobil balap, dan bangunan tinggi.
Tugas sehari-hari termasuk mengumpulkan data tentang aliran udara, melakukan simulasi komputer, dan menguji model skala kecil dalam terowongan angin.
Selain itu, ahli aerodinamika juga bekerja sama dengan insinyur dan desainer untuk mengembangkan desain yang lebih efisien dan aerodinamis, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan performa objek yang terkait dengan aliran udara.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Aerodinamika adalah seseorang yang memiliki pengetahuan luas dan mendalam tentang prinsip-prinsip aerodinamika, memiliki kemampuan analitis yang tinggi, serta memiliki keahlian dalam menggunakan perangkat lunak simulasi dan pemodelan aerodinamika.
Dalam pekerjaan ini, seorang ahli aerodinamika juga harus memiliki kemampuan problem-solving yang baik, ketelitian dan kecermatan dalam melakukan pengukuran dan pengujian, serta kemampuan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dalam proyek-proyek penelitian yang ada.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang prinsip-prinsip aerodinamika dan tidak terbiasa dengan analisis matematis yang rumit, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang ahli aerodinamika adalah mereka hanya bekerja dalam industri pesawat terbang, padahal sebenarnya mereka juga dapat bekerja dalam industri otomotif, maritim, atau bahkan dalam olahraga seperti balap mobil.
Ekspektasi terhadap ahli aerodinamika seringkali dianggap mereka hanya melakukan perhitungan matematis kompleks, padahal sebenarnya mereka juga melakukan pengujian dan eksperimen di laboratorium maupun lapangan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti engineer atau teknisi adalah ahli aerodinamika memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang aliran fluida dan gaya aerodinamika, serta fokus mereka lebih spesifik dalam mempelajari dan meningkatkan performa aerodinamis suatu objek.