Ahli Manajemen Pemasaran Perikanan

  Profil Profesi

Seorang ahli manajemen pemasaran perikanan bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk produk-produk perikanan.

Tugas utama meliputi analisis pasar, penentuan target pasar, pengembangan strategi promosi, dan monitorisasi hasil penjualan.

Selain itu, ahli manajemen pemasaran perikanan juga berperan dalam membangun hubungan dengan pelanggan, menjalin kerjasama dengan pihak terkait, dan memastikan produk perikanan menjangkau pasar dengan efektif.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli manajemen pemasaran perikanan?

Seorang yang cocok untuk pekerjaan ahli manajemen pemasaran perikanan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang industri perikanan, memiliki kemampuan analisis pasar yang kuat, dan mampu mengidentifikasi peluang serta mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan atau minat dalam industri perikanan dan kurang paham tentang manajemen pemasaran, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Ahli Manajemen Pemasaran Perikanan adalah bahwa pekerjaannya hanya berhubungan dengan menjual ikan. Padahal, pekerjaan ini mencakup strategi pemasaran, analisis pasar, pengelolaan brand, dan pengembangan produk perikanan.

Ekspektasi umum adalah bahwa Ahli Manajemen Pemasaran Perikanan akan selalu berhasil meningkatkan penjualan perikanan. Namun, realitanya, banyak faktor yang mempengaruhi pasokan dan permintaan ikan, seperti kondisi cuaca, keberlanjutan sumber daya, dan persaingan di pasar.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti petani ikan atau penjual ikan, adalah bahwa Ahli Manajemen Pemasaran Perikanan berfokus pada aspek strategis pemasaran dan pengelolaan bisnis untuk industri perikanan. Mereka bertanggung jawab mengatur kegiatan pemasaran, mengidentifikasi peluang pasar, dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan hasil penjualan ikan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Perikanan
Agribisnis Perikanan
Ekonomi dan Bisnis Perikanan
Biologi Perikanan
Teknologi Perikanan
Kelautan dan Perikanan
Manajemen Sumberdaya Perikanan
Bisnis Perikanan dan Kelautan
Pemasaran Produk Perikanan
Manajemen Pemasaran

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Perikanan Nusantara
PT Indomarindo Perikanan
PT Fajar Segar Perikanan
PT Jaya Mandiri Perikanan
PT Emigran Perikanan
PT Ocean Harvest Perikanan
PT Bumi Segar Perikanan
PT Indo Pesisir Perikanan
PT Surya Laut Perikanan
PT Dunia Laut Perikanan