Ahli Pemasaran Produk Kimia

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Ahli Pemasaran Produk Kimia melibatkan promosi dan penjualan produk kimia kepada pelanggan.

Tugas utama meliputi mengembangkan strategi pemasaran, menjalin koneksi dengan pelanggan potensial, dan melakukan presentasi produk kepada calon pembeli.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis pasar, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan memberikan dukungan teknis kepada pelanggan yang membutuhkan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli Pemasaran Produk Kimia?

Seorang yang kreatif, memiliki pemahaman mendalam tentang pasar produk kimia, dan mampu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif akan cocok sebagai Ahli Pemasaran Produk Kimia.

Selain itu, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan analitis yang kuat dan dapat beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi perubahan pasar yang dinamis.

Orang yang tidak cocok untuk menjadi ahli pemasaran produk kimia adalah mereka yang tidak memiliki pengetahuan atau minat dalam kimia dan tidak memiliki kemampuan untuk memahami dan menjelaskan karakteristik dan manfaat produk kimia dengan tepat.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Ahli Pemasaran Produk Kimia adalah bahwa mereka akan terlibat langsung dalam riset dan pengembangan produk kimia, padahal tugas utama mereka adalah memasarkan produk yang sudah ada.

Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa Ahli Pemasaran Produk Kimia akan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kimia, padahal yang lebih dibutuhkan adalah pemahaman luas tentang strategi pemasaran.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Ahli Kimia atau Ahli Pemasaran biasa, adalah bahwa Ahli Pemasaran Produk Kimia memiliki pengetahuan khusus tentang produk kimia dan juga memahami persyaratan regulasi yang terkait dengan produk tersebut.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknik Kimia
Kimia Industri
Manajemen Pemasaran
Pemasaran Internasional
Manajemen Teknologi
Manajemen Bisnis Kimia
Teknik Lingkungan
Teknik Industri
Manajemen Operasi
Manajemen Rantai Pasokan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Unilever Indonesia
PT Procter & Gamble Indonesia
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
PT Ajinomoto Indonesia
PT Basf Indonesia
PT Toray International Indonesia
PT Clariant Indonesia
PT Indochem & Polymers
PT SunJaya Group
PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk