Ahli Pemasaran Produk Perikanan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai ahli pemasaran produk perikanan melibatkan promosi dan pemasaran produk-produk perikanan kepada konsumen.

Tugas utama meliputi pengembangan strategi pemasaran, penentuan target pasar, serta pelaksanaan kegiatan pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk perikanan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis pasar, survei pelanggan, dan pemantauan tren pasar agar produk perikanan dapat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli Pemasaran Produk Perikanan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Pemasaran Produk Perikanan adalah seorang yang memiliki pengetahuan yang luas tentang industri perikanan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu mengidentifikasi dan mengeksploitasi peluang pasar yang ada.

Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik dan mampu membuat strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk perikanan.

Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan yang cukup tentang industri perikanan, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Ahli Pemasaran Produk Perikanan adalah ekspektasi bahwa pekerjaan ini hanya berhubungan dengan promosi produk perikanan, padahal sebenarnya melibatkan analisis pasar, penentuan strategi pemasaran, dan pengelolaan merek.

Realitas dari profesi ini adalah pekerjaan yang tidak hanya berhubungan dengan penjualan, tetapi juga melibatkan upaya untuk meningkatkan nilai tambah produk perikanan, mengawasi rantai pasok, dan menciptakan strategi pemasaran yang inovatif.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Sales Executive Produk Perikanan adalah, Ahli Pemasaran Produk Perikanan lebih fokus pada aspek strategis pemasaran, sementara Sales Executive lebih fokus pada upaya penjualan dan distribusi produk perikanan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Agribisnis
Teknologi Hasil Perikanan
Ilmu Kelautan
Manajemen Sumberdaya Perikanan
Ekonomi Kelautan dan Perikanan
Manajemen Bisnis Perdagangan Maritim
Perencanaan Wilayah dan Kota Perikanan
Bisnis Internasional Perikanan
Komunikasi Pemasaran
Manajemen Pemasaran dan Penjualan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Sierad Produce Tbk
PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk
PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk
PT Mustika Ratu Tbk
PT Prambanan Kencana
PT Aquamarine Divindo Inspection
PT Sumber Berkah Lautan Nusantara
PT Bali Seafood International
PT Central Proteinaprima Tbk