Pekerjaan sebagai ahli perencanaan pembelajaran agama melibatkan perancangan dan pengembangan materi pembelajaran agama bagi siswa.
Tugas utama meliputi merancang rencana pembelajaran agama, menyusun bahan ajar, serta mengembangkan metode dan strategi pengajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis dan evaluasi secara berkala terhadap efektivitas dan efisiensi program pembelajaran agama yang telah disusun.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Perencanaan Pembelajaran Agama adalah seorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang agama, mampu untuk merumuskan dan merencanakan program pembelajaran agama yang inovatif sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Mereka juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan mampu bekerja secara kolaboratif dengan guru-guru agama dan staf pendidikan untuk memastikan implementasi rencana pembelajaran yang efektif.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki pengetahuan dan minat yang cukup dalam bidang Agama.
Miskonsepsi tentang profesi Ahli Perencanaan Pembelajaran Agama adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk menyusun rencana pembelajaran untuk mata pelajaran agama, padahal sebenarnya mereka juga berkewajiban untuk menganalisis perkembangan agama dalam masyarakat serta merancang strategi pengajaran yang berkelanjutan.
Dalam ekspektasi, Ahli Perencanaan Pembelajaran Agama dianggap hanya sebagai seorang guru agama biasa, tetapi sebenarnya mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang metode-metode pengajaran yang efektif, kemampuan untuk mengevaluasi kurikulum agama, serta mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait dalam melakukan perbaikan terus-menerus terhadap materi dan metode pembelajaran.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti guru agama adalah bahwa Ahli Perencanaan Pembelajaran Agama memiliki peran yang lebih spesifik dan strategis dalam mengembangkan kurikulum agama serta alat bantu pembelajaran yang efektif. Mereka juga bertindak sebagai konsultan yang membantu sekolah dan institusi pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran agama.