Ahli Riset Pasar Kosmetik

  Profil Profesi

Sebagai ahli riset pasar kosmetik, pekerjaan ini melibatkan analisis dan pemahaman mendalam tentang tren dan preferensi pasar kosmetik.

Tugas utama meliputi pengumpulan data pasar, melaksanakan survei dan wawancara, serta menganalisis hasil untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan penciptaan laporan dan presentasi hasil riset kepada klien dan manajemen, untuk membantu mereka dalam pengambilan keputusan strategis.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli riset pasar kosmetik?

Seorang ahli riset pasar kosmetik yang cocok adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang industri kosmetik, mampu menganalisis data dengan cermat, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam melaporkan temuan-temuan risetnya.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang ahli riset pasar kosmetik juga perlu memiliki kemampuan observasi yang tajam dan kreativitas untuk mengidentifikasi tren dan pola dalam penggunaan kosmetik oleh konsumen.

Jika kamu tidak memiliki minat atau pengetahuan tentang dunia kosmetik dan tidak memiliki keterampilan analitis yang kuat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi ahli riset pasar kosmetik adalah bahwa pekerjaannya hanya berfokus pada menguji dan memilih produk yang akan sukses di pasaran, padahal sebenarnya mereka juga harus memahami tren, analisis pasar yang mendalam, dan preferensi konsumen secara menyeluruh.

Ekspektasi terhadap profesi ahli riset pasar kosmetik adalah bahwa mereka hanya akan melakukan penelitian dan menghasilkan laporan, namun realitanya mereka juga harus berinteraksi dengan berbagai pihak terkait seperti produsen, distributor, dan konsumen untuk memastikan keberhasilan produk.

Perbedaan antara profesi ahli riset pasar kosmetik dengan profesi pemasar kosmetik adalah bahwa ahli riset pasar berfokus pada analisis pasar dan riset konsumen untuk mengidentifikasi tren dan preferensi, sedangkan pemasar kosmetik fokus pada strategi pemasaran dan promosi produk kepada target konsumen.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Psikologi
Ekonomi
Statistik
Komunikasi
Pemasaran
Kimia
Farmasi
Teknik Industri
Antropologi
Ilmu Komputer

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Unilever Indonesia Tbk
PT Maybelline Indonesia
PT L'Oreal Indonesia
PT Shiseido Indonesia
PT Wardah Cosmetics
PT Oriflame Indonesia
PT Sariayu Martha Tilaar
PT Estee Lauder Indonesia
PT Avon Cosmetics Indonesia
PT Revlon Indonesia