Ahli Studi Pasar Pertanian

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai ahli studi pasar pertanian melibatkan penelitian dan analisis pasar untuk memberikan informasi tentang tren dan permintaan dalam industri pertanian.

Tugas utama meliputi pengumpulan data pasar melalui survei dan wawancara, analisis data untuk mengidentifikasi peluang pasar, dan membuat laporan dengan rekomendasi strategi pemasaran.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan tim lain, seperti petani, perusahaan pertanian, dan lembaga pemerintah, untuk memahami kebutuhan pasar dan memberikan solusi yang tepat.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli studi pasar pertanian?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai Ahli Studi Pasar Pertanian adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang pertanian, mampu menganalisis data dan tren pasar dengan cermat, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan para petani dan produsen pertanian.

Dalam melaksanakan tugas ini, seorang Ahli Studi Pasar Pertanian juga perlu memiliki kemampuan analisis yang kuat, pemahaman tentang faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi pasar pertanian, dan mampu mengambil keputusan yang strategis dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat.

Jika kamu tidak memiliki minat dalam pertanian dan tidak memiliki keahlian analitis yang kuat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang ahli studi pasar pertanian adalah bahwa pekerjaannya hanya tentang menganalisis harga dan permintaan barang pertanian, padahal sebenarnya mereka juga harus mempertimbangkan faktor-faktor eksternal seperti iklim, bencana alam, dan perubahan kebijakan pemerintah yang dapat memengaruhi pasar.

Ekspektasi yang salah adalah bahwa ahli studi pasar pertanian bekerja secara individual, padahal dalam kenyataannya mereka sering bekerja dalam tim yang terdiri dari ekonom, ilmuwan pertanian, dan analis pasar lainnya untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang pasar.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti ahli agronomi atau ahli pemasaran pertanian, adalah bahwa ahli studi pasar pertanian berfokus secara khusus pada analisis pasar dan tren konsumen, sementara profesi lainnya lebih berorientasi pada rancangan pertanian, produksi, atau distribusi produk pertanian.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Agribisnis
Agroteknologi
Manajemen Agribisnis
Ekonomi Pertanian
Ilmu Peternakan
Perikanan dan Kelautan
Teknologi Pangan
Kehutanan
Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan
Manajemen Sumberdaya Alam dan Lingkungan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Nestlé Indonesia
PT Mayora Indah Tbk
PT Indo Agri Tbk
PT Astra Agro Lestari Tbk
PT Perkebunan Nusantara III (Persero)
PT Sinar Mas Agribusiness and Food
PT Golden Agri-Resources Tbk