Ahli terapi pendidikan khusus adalah seorang profesional yang bertanggung jawab dalam memberikan layanan terapi khusus kepada anak-anak dengan kebutuhan pendidikan khusus.
Tugas utamanya meliputi mengidentifikasi kebutuhan pendidikan khusus anak, merancang program terapi yang sesuai, dan melaksanakan sesi terapi secara terstruktur.
Selain itu, ahli terapi pendidikan khusus juga bekerja sama dengan guru reguler dan keluarga untuk memastikan anak-anak dengan kebutuhan pendidikan khusus mendapatkan dukungan penuh dalam pengembangan potensi mereka.
Seorang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Terapi Pendidikan Khusus adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang kebutuhan edukasi anak dengan kebutuhan khusus, memiliki empati tinggi, dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.
Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan anak-anak dan orang tua, serta kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan individu setiap anak.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki empati tinggi, tidak sabar dalam bekerja dengan anak-anak, dan tidak tertarik dalam memahami kebutuhan khusus individu.
Miskonsepsi tentang Ahli Terapi Pendidikan Khusus adalah bahwa mereka hanya akan bekerja dengan anak-anak yang memiliki gangguan belajar atau kebutuhan khusus, padahal sebenarnya mereka juga dapat membantu anak-anak dengan kecerdasan normal namun mengalami kesulitan belajar.
Ekspektasi terhadap Ahli Terapi Pendidikan Khusus adalah mereka dapat "memperbaiki" anak-anak dengan gangguan belajar menjadi normal, namun realitanya mereka berfokus pada membantu anak-anak mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan kemandirian, bukan mengubah mereka menjadi "normal".
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru biasa, adalah bahwa Ahli Terapi Pendidikan Khusus memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mendukung anak-anak dengan kebutuhan khusus, memberikan intervensi yang spesifik dan menerapkan strategi pendidikan yang disesuaikan.