Pekerjaan sebagai desainer instruksional pendidikan khusus melibatkan merancang dan mengembangkan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dengan kebutuhan khusus.
Desainer instruksional pendidikan khusus bertanggung jawab untuk menciptakan program pembelajaran yang menyediakan akses hambatan belajar bagi siswa dengan berbagai kebutuhan khusus.
Tugas utama meliputi merancang strategi pembelajaran, membuat materi pembelajaran yang sesuai, dan berkolaborasi dengan tim pendidik untuk memastikan materi tersebut efektif dan mendukung kemajuan belajar siswa dengan kebutuhan khusus.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Desainer Instruksional Pendidikan Khusus adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang pendidikan khusus dan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus.
Kreativitas dan pemahaman akan berbagai strategi pembelajaran yang efektif untuk siswa dengan berbagai kebutuhan khusus juga sangat penting dalam pekerjaan ini.
Jika kamu tidak memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan karakteristik siswa dengan kebutuhan khusus, maka kamu tidak cocok untuk menjadi seorang Desainer Instruksional Pendidikan Khusus.
Miskonsepsi tentang Desainer Instruksional Pendidikan Khusus adalah bahwa tugasnya hanya membuat materi pembelajaran yang sederhana untuk siswa dengan kebutuhan khusus, padahal sebenarnya mereka juga harus memikirkan cara mengadaptasi metode pembelajaran agar sesuai dengan kemampuan dan karakteristik siswa tersebut.
Ekspektasi yang salah adalah menganggap Desainer Instruksional Pendidikan Khusus hanya perlu melakukan penyederhanaan materi pembelajaran, padahal mereka juga harus memahami beragam metode pengajaran yang efektif untuk setiap jenis kebutuhan khusus siswa.
Dalam perbandingan dengan profesi terkait seperti guru pendidikan khusus, perbedaannya terletak pada fokus pekerjaan. Desainer Instruksional Pendidikan Khusus lebih fokus pada merancang strategi pembelajaran yang efektif berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa, sedangkan guru pendidikan khusus bertanggung jawab langsung dalam mengajar siswa dengan kebutuhan khusus di dalam kelas.