Ahli terapi perkembangan anak usia dini bekerja dengan anak-anak usia 0-6 tahun untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik, kemampuan bahasa, kognitif, dan sosial.
Tugas utama meliputi melakukan evaluasi perkembangan anak, merancang dan menyampaikan program terapi yang sesuai, serta melibatkan orang tua dan guru dalam proses terapi anak.
Selain itu, ahli terapi perkembangan anak usia dini juga bekerja sama dengan tim multidisiplin, seperti psikolog, terapis fisik, dan terapis okupasi, untuk memberikan perawatan maksimal bagi perkembangan anak.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Terapi Perkembangan Anak Usia Dini adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang tahapan perkembangan anak, keterampilan observasi yang baik, dan kemampuan untuk merencanakan dan mengimplementasikan program terapi yang sesuai dengan kebutuhan anak.
Mereka juga harus memiliki empati yang tinggi, dapat membina hubungan yang baik dengan anak dan orang tua, serta memiliki kreativitas dan kesabaran dalam mencari solusi untuk membantu anak mencapai perkembangan yang optimal.
Jika kamu tidak memiliki minat atau pemahaman yang mendalam dalam pengembangan anak usia dini, kamu kemungkinan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Ahli Terapi Perkembangan Anak Usia Dini adalah bahwa mereka hanya mengawasi bermain dan mengasuh anak-anak, padahal sebenarnya mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang perkembangan anak dan menggunakan pendekatan terapi yang spesifik.
Dalam ekspektasi, banyak yang mengira profesi ini hanya melibatkan permainan dan kegiatan menyenangkan, padahal dalam realita Ahli Terapi Perkembangan Anak Usia Dini memiliki tanggung jawab menyusun program intervensi dan memberikan terapi khusus bagi anak-anak dengan perkembangan yang terhambat.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti pengasuh anak atau guru TK, adalah bahwa Ahli Terapi Perkembangan Anak Usia Dini memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang perkembangan anak dan menggunakan pendekatan terapi yang spesifik untuk membantu anak-anak mencapai potensi mereka yang terbaik.